Sabtu, 09 Februari 2019

Media komunikasi humas

Dibuat oleh

Afifah
Rina puspita sari
Devi noviana
Putri juniar
Nadila sofiani
X Ap 5 SMKN 1 Kotser

Media Humas
Humas atau publik relatiaon adalah pekerjaan yang berkaitan dengan aspek penyebaran informasi. Sasaran dari humas adalah pihak umum baik bagian eksternal maupun internal dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan kehumasan pasti memerlukan suatu media karena media adalah segala macam saluran atau bentuk yang digunakan untuk menyakurkan informasi. Pengelolaan media yang dilakukan dengan baik akan berbanding lurus dengan tingkat keberhasilan kegiatan kehumasan. Dalam bagian ini, tujuan, serta perannya dalam kegiatan pelayanan kehumasan.

Pengertian Media Humas
Media humas adalah segala bentuk media yang digunakan dalam praktek kehumasan dengan tujuan publikasi produk. Dengan demikian, media humas digunakan agar produk yang disampaikan oleh humas tersebut bisa disampaikan oleh humas tersebut bisa disampaikan kepada khalayak umum. Oleh karena sifatnya yang menyampaikan dan menyebarkan informasi, maka media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media humas sangat tergantung kepada kerja samanya dengan pers, baik itu cetak atau elektronik.
Dengan mengacu pada pengertian di atas, maka kita bisa simpulkan bahwa media humas memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:
Mempromosikan suatu produksi sehingga dapat meningkatkan pemasaran produk suatu perusahaan.
Membuat komunikasi antara perusahaan dengan khalayak umum atau pihak lain dapat terlaksana dengan terus menerus.
Meningkatkan kepercayaan publik.
Meningkatkan citra perusahaan di mata pihak lain atau khalayak umum.

Persamaan Antara Media Humas Dengan Iklan
Bila kita membandingkan antara media humas dengan iklan, maka kita akan menemukan kesamaan-kesamaan yang ada diantara keduanya. Berikut adalah kesamaan-kesamaan antara media humas dengan media iklan:
Kampanye periklanan dan kampanye humas sama-sama menggunakan berbagai macanm media.
Para praktisi humas berhubungan dengan para editor, jurnalis, serta para produser TV dan radio, sedangkan para praktisi periklanan lebih banyak berhubungan dengan para manager iklan dari berbagai peruahaan, petugas iklan di media massa (radio, koran, televisi, majalah, dan sebagainya).
Iklan sifatnya jauh lebih komersial dibandingkan dengan kehumasan.
Kampanye periklanan biasanya dilakukan terbatas pada media media yang bisa diharapkan akan membuahkan hasil maksimal (misalnya lonjatan penjualan) dengan biaya serendah-rendahnya. Sedangkan media humas bersedia menggunakan media apa saja, asalkan bisa menjangkau sebanyak banyak mungkin khalayak.
Tidak seperti dunia periklanan, dunia kehumasan dapat menggunakan berbagai media khusus seperti jurnal jurnal internal, atau sekedar majalah dinding.

Jenis Media Humas Yang Digunakan Dalam Pekayanan Kehumasan
Berikut adalah jenis media humas yang digunakan dalam pelayanan kehumasan:
Media Pers
Media Pers terdiri atas berbagai macam koran yang beredar di madyarakat secara umum seperti koran berskala regional, nasional ataupun internasional, koran-koran gratis, majalah-majalah yang diterbitkan secara umum maupun dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu; buku-buku petunjuk khusus; buku-buku tahunan dan laporan-laporan dari berbagai lembaga yang sengaja dipublikasikan untuk umum.

Media Audio Visual
Media Audio Visual terdiri ats slide dan kaset video, dan film-film dokumenter.
Radio
Radio adalah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyampaikan informasi. Media humas dapat menggunakan radio, mulai dari radio berskala lokal, nasional hingga internasional, baik yang dipancarkan secara luas maupun yang dikemas secara khusus.
Televisi
Televisi merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh masyakat umum dalam memperoleh informasi. Televisi yang digunakan sebagai media humas tidak hanya televisi nasional atau regional tapi juga televisi internasional, termasuk juga sistem-sistem teletex.
Pameran
Pameran adalah presentasi produk-produk tertentu dalam suatu galeri atau aula pertunjukan. Pameran dapat menjadi media humas karena sifatnya yang menarik minat khalayak umum.


Bahan-Bahan Cetakan (Printed Material)
Yang termasuk dalam jenis bahan-bahan cetakan adalah berbagai macam bahan cetakan yang bersifat mendidik, informatif, dan menghibur yang disebarkan dalam berbagai bentuk guna mencapai tujuan humas tertentu.

Penerbitan Buku Khusus (Sponsored Books)
Isi buku yang di dalam sponsored books bisa bermacam-macam, misalnya saja mengenai seluk-beluk organisasi, petunjuk lengkap mengenai cara penggunaan produk-produknya atau bisa juga mengenai keterangan tentang berbagai aspek yang berkenaan dengan produk atau organisaai itu sendiri.

Surat Langsung (Direct Mail)
Surat langsung tidak saja ditujukan kepada tokoh atau pribadi-pribadi tertentu saja, tetapi juga kepada berbagai macam lembaga yang sekiranya relevan, atau untuk dipajang ditempat-tempat umum.

Pesan-Pesan Lisan (Spoken Words)
Pesan-pesan lisan menjadi hal yang menarik, karena pesan-pesan lisan dilakukan dengan memainkan kata dan intonasi agar terdengar menarik. Penyampaian pesan PR juga bisa dilakukan melalui komunikasi langsung atau tatap muka
.
Pemberian Sponsor (Sponsorship)
Suatu organisasi atau perusahaan bisa pula menjalankan kegiatan pelayanan kehumasannya melalui penyediaan dana atau dukungan tertentu atas penyelenggaraan suatu acara seni, olahraga, ekspedisi, beasiswa universitas, sumbangan amal, dan sebagainya. Kegiatan penyediaan sponsor tersebut juga sering dilakukan dalam rangka melancarkan suatu iklan atau mendukung usaha-usaha pemasaran.

Jurnal Organisasi (House Journals)
Jurnal Organisasi adalah duatu bentu terbitan darisebuah perusahaan atau organisasi yang sengaja dibuat dalam rangka mengadakan komunikasi dengan khalayaknya.
Ciri Khas (House Style) dan Identitas Perusahaan (Corporate Identity)
Identitas Perusahaan dapat dibuat secara bervariasi tergantung pada benruk dan karakter perusahaan tersebut. Ciri khas organisasi atau identits perusahaan sengaja diciptakan untuk mengingatkan khalayak atas keberadaan dari perusahaan yang bersangkutan. 

Bentuk-Bentuk Media Humas Lainnya
  • Bentuk-bentuk media humas lain dapat ditemui dalam bentuk kegiatan pesan sosial yang disisipkan oleh suatu perusahaan pada kemasan produknya. Tujuannya agar khalayak mengetahui bahwa mereka bukanlah perusahaan yang semata-mata mengejar keuntungan, namun juga memperhatikan aspek moralitas dan etika.
Jenis Media Humas dalam Kaitannya dengan Pihak Lain
Jika dilihat dari hubungannya dengan pihak lain, media humas dibedakan menjadi 2, yakni media humas internal dan media humas eksternal, brikut adalah masing-masing penjelasnya:

Media Humas Internal
Media internal adalah suatu sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan publik internal perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim innformasi adalah orang dalam atau public internal, terdiri ats pimpinan, anggota, pegawai, maupun unit-unit kerja yang ada di dalam perusahaan tersebut.
Berikut adalah media-media yang termasuk dalam kategori

Jurnal Internal
Jurnal internal adalah jurnal yang diterbitkan oleh suatu lembaga, biasanya memuat informasi mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam lembaga dan khusus diperuntukan anggota lembaga tersebut.
Papan Pengumuman
Papan pengumuman dapat memudahkan pegawai yang sama dalam waktu yang bersamaan.
Kaset Video
Kaset video dapat menghadirkan komunikasi tatap muka artificial (seolah-olah yang ditonton dapat saling berkomunikasi secara langsung) yang berpotensi besar untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih baik antara pihak manajemen terhadap pegawai.
Stasiun Radio Sendiri
Media tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan antara atasan dan bawahan dengan memasang sejumlah pengeras suara diatas setiap mesin yang mampu menyiarkan program-program radio yang dibuat sendiri oleh perusahaan.

Jaringan Telepon Internal
Jaringan telepon internal adalah media untuk menyampaikan gagasan pegawai melalui telepon.
Kotak Saran
Kotak saran adalah sarana untuk menampung keluhan dan saran para anggota karyawan, sehingga bisa diketahui apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada perusahaan tersebut.
Intensif Bicara
Intensif bicara adalah metode untuk memperoleh umpan balikdari para pegawai perusahaan dengan membuka nomor telepon khusus. Dengan demikian setiap pegawai dapat menghubungi pemimpin perusahaan secara langsung tanpa harus menempuh Ika liku birokrasi perkantoran.
Siaran Umum
Siaran umum adalah media untuk menyampaikan pesan-pesan pihak manajemen kepada segenap pegawainya dengan menggunakan suara.
Obrolan Langsung
Obrolan langsung adalah satu cara yang paling eektif untuk memperlihatkan sikap terbuka pihak manajemen dengan pembicaraan tatap muka secara pribadi dan langsung.
Dewan Pekerja
Salah satu metode dalam membina hubungan baik antara pemimpin dan bawahan melalui pembentukan dewan pekerja (dilengkapi dengan sejumlah komite spesifik) yang memiliki akses pengaruh ke pihak manajemen.

Media Humas Eksternal
Media humas eksternal adalah segenap kegiatan humas yang diarahkan kepada khalayak di luar perusahaan. Fokus dari media humas eksternal adalah hubungan dengan media. Media eksternal sangat berpengaruh besar dalam publisitassuatu organisasi yang bersangkutan.
Berikut adalah jenis-jenis media humas eksternal:

Jurnal Eksternal
Jurnal eksternal tidak harus diartikan semata-mata sebagai suatu bentuk terbitan tentang suatu perusahaan yang dibagikan kepada pihak-pihak luar. Pihak luar tidak akan terarik dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh suatu organisasi. Apalagi dewasa ini pilihan bacaan sudah demikian banyak, termasuk majalah-majalah prestisius. Majalah-majalah seperti ini jelas lebih menarik untuk dibaca daripada sekedar terbitan yang mengisahkan berbagai keributan yang terjadi di suatu organisasi. Jadi, sama halnya dengan majalah atau terbitan umum, jurnal eksternal harus dibuat sedemikian rupa seperti dapat menjangkau khalayakyang dituju.

Media Audiovisual
Media audivisual merupakan salah satu kemajuan penting di dunia media yang harus diperhatikan ole para praktisi humas. Tidak seperti per, dan televisi, perangkat audiovisual adalah suatu media yang bercakupan terbatas yang dimiliki yang sepenuhnya dikendalikan oleh pihak tertentu yang diarahkan kepada khalayak yang bersifat terbatas pula. Penerapan sistem ini memerlukan sejmlah lembaga pendukung seperti perpustakaan film (dalam kaset-kaset video) yang saggup menyimpan, memelihara, serta mendistribusikan kaset-kaset rekaman tersebut kepada khalayak.

Literatur Edukatif
Berbeda dari literatur penjualan, literatur edukatif adalah semua bahan cetakan yang dibuat untuk menjelaskan atau mendorong digunakannya suatu produk atau jasa pelayanan, atau berbagai manfaat dan nilai dari produk tadi.

Komunikasi Lisan
Penyampaian suatu uraian secara lisan, mungkin juga dengan didukung oleh peralatan audiovisual, merupakan salah satu kegiatan humas yang penting. Beberapa organisasi bahkan telah memperkerjakan para pembicara secara permanen dan diserahi tugas khusus untuk menyampaikan penjelasan mengenai organisasinya di berbagai perkumpulan masyarakat. Ada pula perusahaan yang menyewa pembicaraan dari luar secara freelance. Tapi akan lebih baik jika pembicaraan tersebut merupakan salah seorang pegawai atau orang dalam organisasi yang benar-benar mengetahui seluk-beluknya.
Pameran
Humas pameran adalah pelaksana fungsi-funsi humas melalui penyelenggaraan pameran atau ekshibisi. Pada umumnya, pameran dagang atau pameran-pameran yang terbuka untuk umum merupakan suatu media iklan, karenatujuan penyelenggaraan pameran tersebut adalah ujtuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat agar mereka lantas tertarik, kemudian membelinya. Sebenarnya kegiatan humas juga dapat memanfaatkan acara pameran untuk mencapai tujuan-tujuannya.
Yang tidak kalah pentingnya adalah hal yang sebaliknya, yakni kegiatan-kegiatan humas tersebut juga bermanfaat menunjang keberhasilan penyelenggaraan pameran atau ekshibisi. Acara promosi lewat pameran akan memikat para konsumen jiak acara itu disertai program humas. Dengan demikian, terdapat keterkaitan yang sangat erat anatara yang sangat erat antara kegiatan humas dan acara pameran. Pameran juga merupakan satu-satunya media periklanan yang menyentuh semua panca indra, mata, telingga, hidung, lidah, dan kulit.

Seminar 
Guna menunjang penggunaan berbagai media yang telah diuraikan di atas (misalnya audiovisual atau komunikasi lisan), ada baiknya jika suatu perusahaan menyelenggarakan suatu pertemuan khusus untuk khalayak. Bentuk pertemuan itu bisa berupa seminar atau konferensi. Penyelenggaraan suatu konferensi kehumasan mirip dengan penyelenggaraan resesi pers. Bedanya, waktu penyelenggaraan konferensi humas lebih lama (paling idak satu hari penuh), melibatkan lebih banyak peserta aau tamu, programnya lebih ekstensif (melibatkan sejumlah pembicaraan dan harus didukung dengan peralatanaudiovisual yang baik), dan tentu saja memerlukan biaya yang lebih banyak. Pos pengeluaran yang cukup besar antara lain harus dialokasikan untuk penyewaan ruangan atau gedung yang cukup refresentatif dan untuk pembayarn katering.

Sponsor
Sponsor adalah penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subjek, kegiatan, lembaga, atau individu yang pantas menerimanya. Cikal bakalnya bermula dari patronage, yakni perlindungan serta penyediaan bantuan dana oleh para bangsawan kepada para artis dan musisi.
Pemilihan Media Komunikasi Humas

Teknik dan Cara Pemilihan Media Komunikasi yang Sesuai dengan Lingkungan Humas
Teknik dan cara pemilihan media komunikasi humas adalah yang sesuai dengan publiknya. hal ini bergantung pula pada empat faktor berikut ini:

  1. Cara pendekatan;
  2. Keterampilan petugas humas;
  3. Anggaran;
  4. Kebijaksanan.

Tahap pertama, pemilihan media berita adalah persiapan dan penyiaran berita pada media cetak dan elektronik. Bagi kelompok publik kecil dalam suatu organisasi dipilih media komunikasi (jurnal) internal yang brjenis-jenis secara teratur dengan beberapa variasi. Perlu diperhitungkan di sini cakupan pembaca, kuantitas,frekuensi, kebijakan, judul, proses percetakan, gaya dan format, langganan , iklan, serta distribusinya.
Komunikasi tatap muka kadang-kadang dipilih dalam komunikasi ke atas dengan pimpinan manajer dan komunikasi sejajar antara karyawan. Media dan teknik humas hendaknya dibedakan antara media untuk periklanan dan untuk humas. Oleh karena itu, Frank Jefkins mengemukakan daftar pilihan media utama bagi kegiatan humas yang meliputitiga belas jenis dengan bentuk dan cirinya masing-masing.
Kelebihan dan Kekurangan Beberapa Media Komunikasi Humas
Berikut beberapa media komunikasi humas beserta kelebihan dan kekurangannya:
Radio

Kelebihan Radio

  • Penyampaian gagasan sederhana dan langsung;
  • Teks luwes (mudah dikoreksi)
  • Punya publik khusus.
Kekurangan Radio
  • Dialog dan materi kurang variasi
  • Fakta tak bisa dibeberkan lengkap
  • Melelahkan (suara dan waktu terbatas
  • Hanya bisa didengarkan sekali.
  • Siaran Televisi
  • Kelebihan Siaran Televisi
  • Jangkauan masyarakat luas;
  • Audiovisual.
  • Kekurangan Siaran Televisi
  • Biaya mahal;
  • Komunikasi satu arah;
  • Siaran cepat;
  • Daya beli mahal.
  • Surat Kabar
  • Kelebihan Surat Kabar
  • Menjangkau semua lapisan masyarakat;
  • Murah.
  • Kekurangan Surat Kabar
  • Penyampaian berita bergantung penulis, tanpa memperhatikan kemampuan pembaca.

Media Online
Kelebihan Media Online
Trending (terutama media sosial dan blog);
Menjangkau seluruh lapisan masyarakat;
Menjangkau seluruh dunia (internasional);
Dapat diakses kapan dan dimana saja;
Terdokumentasi;
Kekurangan Media Online
Butuh akses internet;
SDM bidang media online masih terbatas;
Butuh keterampilan khusus mengelola dan menulis dimedia online (internet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Iklan Audio AQUA